DKV Ngapain? Jawabin Pertanyaan tentang DKV

Yaampun tiap postingan minta maaf terus hehehe

but, MAAFIN AKU YA TEMAN-TEMAN komennya belom sempet aku bales
(mungkin yg komen itu skrg juga udah kuliah semester 6 huhu)

tapi disini akan aku jawab, dan beberapa frequently asked question lainnya tentang DKV walaupun gila telat banget






Makasih banget buat temen-temen yang udah baca pengalamanku masuk DKV dan drop question di kolom komentarnya, aku terharu banget sejujurnya hehe
soalnya kalau aku liat sekarang udah mulai banyak banget anak DKV yang ngasih info seputar perkuliahannya. sejujurnya aku minder, apalagi kalau mereka masih muda-muda gitu dan karya-karyanya udah masuk pameran sana sini. tapi, aku berterimakasih banget sama kalian, karena kalian, aku bisa nulis ini.

Aku sebutin disclaimerku dulu ya, jadi aku ini mahasiswa DKV jalur SBMPTN yang bener-bener biasa ya, aku ngga sering ikut lomba desain, aku juga nggak sering ikut kegiatan-kegiatan kampus seperti PKM, aku juga nggak begitu aktif di kegiatan organisasi kampus. bener-bener cuma mahasiswa DKV biasa. Jadi mohon dimaklumi kalau informasiku ini berdasarkan apa yang aku alami selama perkuliahan ini dan info yang kudapat dari internet ya teman temans.



ok so lesgow



1. Q: kalo ada indikasi buta warna bisa masuk ngga? :( soalnya denger2 klo buta warna ga bisa ketrima dijurusan ini..

 A: kalo yg ini aku udah jawab sih dan keknya satusatunya yang aku jawab huhu maafkan
ok kalau ini aku abis searching juga, jadi ada kampus yang menerima mahasiswa dengan indikasi buta warna, ada juga yang enggak. sebenernya nggak ada salahnya indikasi buta warna dalam berkarya seni. tapi, karena ini bidang desain dan biasanya berhubungan dengan klien, menurutku akan membutuhkan penyesuaian yang lebih dengan klien nantinya. maksudku gini, misalkan ada klien yang butuh desain untuk produk untuk anak-anak, maka seharusnya warna-warna di color palette desainnya itu cerah, berwarna-warni atau juga bisa warna-warna pastel. Dengan indikasi buta warna, desainer memerlukan penyesuaian yang lebih dengan kliennya, kurang lebih begitu.

2. Q: DKV umumnya itu kelompok SOSHUM (IPS) atau SAINTEK (IPA) kak??sama minta tips buat masuk jurusan DKV di UM / UNESA kak..

A: umumnya (dan menurut pemikiranku juga ini hehe) lebih cocok ke saintek sih. tapi ke soshum juga masuk sebenernya. makanya ada yang saintek, ada yang soshum.
tapi, berdasarkan data yang ada, kuliah DKV kelompok soshum itu lebih banyak daripada saintek, liat di https://edukasi.kompas.com/read/2020/01/17/22115551/kisaran-nilai-utbk-prodi-desain-interior-dkv-dan-desain-produk?page=all
tips buat masuk jurusan DKV jalur SBMPTN dimanapun ini, ya belajar sesuai kelompoknya, soshum atau saintek, itu bener-bener harus dikuasain. sering latihan nggambar, liat inspirasi gambar dari medsos apapun skrg udah banyak bangetttt dulu 2016 masih dikit :( dan jangan lupa berdoa, minta restu dari orangtua. menurutku itu udah cukup

3. Q: Tips atau cara latihan sebelum menghadapi ujian keterampilan?Harus mirip asli gt gambar orangnya? Atau diarsir gambarnya?

A: ini aku masih ngga ngerti apa yang nantinya dinilai, karena seni itu emang subjektif. kita bisa liat itu bagus, tapi menurut orang engga. kita bisa liat yg realistis itu keren, bagus, tapi yg minimalis juga nggak kalah bagus karena bisa mengolah benda yang rumit menjadi benda sederhana. itu juga gak kalah keren loh dan butuh kreativitas yang tinggi. jadi aku bener-bener ngga tau ini penilaiannya gimana. yang jelas kalian harus yakin sama apa yg kalian bikin. pede. harus pede, apapun teknik yg kalian pakai. EH TAPI INI PAS 2016 YA aku ngga tau lagi sistem terbaru nanti gimana. tapi pengalamanku gini. tips dariku, pas ujian keterampilan kalian liat orang-orang sekitar di ruangan kalian, mereka ngegambarnya gimana. biasanya dapet inspirasi hehe. tapi ya jangan minder kalo ada yg tiba2 gambarnya udah sekelas picasso

4. Q: Kak punya ig, gk kak?.....

A: punya....... tp untuk saat ini masih ku gembok.... sesegera mungkin akan aku bikin public yaaa aduh masih malu :( (hewhewhewh)

5. Q: Kalau diantara ketiga pilihan buat sbm itu pilih dkv semua, apakah tes gambarnya bakal beda" atau satu saja?

A: kayaknya 1 kali aja ya? kalau berkali kali berarti udah tau soal ujian keterampilannya nantinya? tapi aku juga gak yakin sih, coba tanya ke yang bener-bener paham tentang ini yaa

6. Q: dari kedua tes tsb mana yg lebih berbobot kak, mau ambil dkv hmm sprtinya sya susah diujian tulisnya huhu

A: sama berbobotnya, jadi jangan menggampangkan salah satu tesnya karena duaduanya bener-bener akan berpengaruh ke hasil akhir :"(

7. Q: Kak, aku kan gak lolos ni sbmptn nya. Aku pengen ujian mandiri dkv aja, dan serius kak aku gak bisa gambar sejago orang-orang seni. Aku cuman suka liat aja, tapi gak bisa gambar nya. Jadi gimana ya kak? Bisa gak kira-kira kak? Aku sih tertarik bngt sama dkv tu, aku pengen bngt.tp kalau aku gk bisa gambar ini gimana ya kak

A: BISA! yakin aja pasti bisa.
gini gini, menurutku, orang itu bukan ngga bisa gambar. semua orang bisa gambar. gambar lingkaran, gambar segita, bahkan nulispun menurutku sama seperti gambar. tapi yg membedakan itu style. tiap style orang dalam menulis, menggambar, beda-beda. style org gambar segitiga, beda-beda. nah, style ini yg sering bikin kita ngerasa org lain itu jago gambar. tapi sebenrnya bukan gitu. naaah di jurusan desain ini, kalau kita ngerti kebutuhan klien dan memenuhi kebutuhan itu, itu tuh ya udah tercapai tujuannya. misal, klien butuh desain untuk mural di TK. orang yg kita liat "jago gambar" tapi dengan style realistis, apa dia sesuai dengan kebutuhan klien? jadi sebenernya di desain itu bukan jago gambar, tapi bisa gambar sesuai dengan kebutuhan klien untuk memecahkan masalahnya. jadi sesuai dengan keadaan yg dibutuhkan. kalau kamu ngerasa jago gambar abstrak, pasti dibutuhin sama org yang emang butuh gambar2 abstrak.

8. Q: Tes tulisnya itu bener harus mapel itu?, kalau untuk masuk dkv pertimbangannya lebih banyak ke tes tulis atau tes ketrampilan

A : iyaaaa menangos gak sih dari SMK jurusan pariwisata tiba-tiba harus berhadapan dengan soal-soal yang nggak pernah dipelajarin huhuhu
menurutku diantara kedua tes ini jangan ada yg di kesampingkan, sama-sama harus dipelajarin. karena akan sangat sangat membantu

9. Q: Ka dapet info tema gambar buat portofolio SNMPTN atau SBMPTN itu dari mana ka?

A: waktu 2016, kalau snmptn itu dari website resminya, kalau sbmptn ini bener-bener surprise kek lagi ultah

10. Q: gimana sih caranya mempersiapkan buat masuk di fakultas ini?

A: wah banyak banget sih sebenernya, ya mental, ya finansial, tapi kalau secara singkat menurutku, harus siapin keyakinan kalau bener-bener mau jadi mahasiswa DKV. lain-lainnya ya mungkin alat-alat gambar baik konvensional atau digital ya

11. Q: Makasih kak, postingannya bermanfaat. Mau tanya kak, aku ambil prodi saintek di utbk karena awalnya aku gak tau kalo dkv itu soshum :(.. Bisa gak ya?

A: senang bisa membantuuu hehe
hmm setauku sih kalau kita ambil jurusan dan ada yang beda kelompok (ada saintek ada soshum) itu langsung jadi prodi campuran (saintek soshum) ? tapi ya tergantung pilih DKV di univ mana, karena ada yang soshum ada yang saintek juga

12. Q: kalok saintek bisa daftar DKV nggak ?

A: Bisa banget, kalau mau ambil dkv yg saintek jd gausah belajar soshum lagi, ya pilih di ITB karena itu saintek, tapi kalau mau belajar soshum lagi, juga gapapa. its all up to you

13. Q: Kak bikin portofolio gimana sih? Aku rencananya mau ambil jurusan dkv di unm,tapi katanya harus unggah portofolio huhu gak ngerti :(

A: biasanya portofolio itu untuk yg SNMPTN ya, nah itu bisa diliat di website snmptn nya, udah ada tata cara pengunggahannya sampe ke ukuran file juga ada. portofolio ituu gambar sesuai dengan temanya, terus nanti diupload ke website untuk snmptnnya. kalau sbmptn itu bukan portofolio lgi tapi ujian keterampilan, gambar langsung di tempat, lebih seru hehe

14. Q : Apa ada tes mapel matematika kak

A: karena DKV di UM itu masuk soshum, matematikanya masuk ke ekonomi sama TPA juga ada matematikanya. tapi beda lagi kalau dkv nya saintek ya, itu pasti ada matematika

15. Q : wah gambarnya gambar" aga realistis ya, kalo pas tes tapi stylenya stlye" kek manga jepang gitu blh ga ya kwkw..

A: selama yakin pasti boleh, dan sebenernya ngga ada aturan juga harus gambar realistis. pokoknya jangan maksain style tertentu kalau kalian nggak yakin sama hasilnya bakal gimana yaa huhuhu yang jelas tunjukkin potensi terbaik kalian dalam menggambar sesuai dengan tema pas tesnya.

16. Q : Kak, tes menggambar ny... apa harus realistis gitu kak? Aku tidak terlalu bisa menggambar... tapi aku suka.aku takut saat tes imajinasi ku tidak sesuai dgn tema nya kak... terus kak.. kira2 dlm tes menggambar apa saja yg kiranya harus bagus? Misalnya seperti gambar orang gitu.... atau ada yg lain?

A: engga harus realistis... yang penting yakin sama style kalian sendiri.... hmm imajinasi ya, kalau gitu ya harus di asah sih, sering-seringin liat gambar orang lain untuk dapat inspirasi, dan sering-sering berlatih gambar juga. menurutku yang harus bagus itu kesesuaian dengan tema nya, jadi dengan melihat sekilas langsung tau maksud dari gambarnya sesuai tema atau engga, dan kreativitas juga, gimana kita mengolah "tema" yang kita asumsikan sebagai klien, menjadi gambar

17. Q: Bismillah, kak bantu doain ya, aku daftar SN pilih di ITB, cuma pas di web SNMPTN adanya cuma Fakultas seni dan desain, jadi ya itu aku pilih, karena gada tulisan DKVnya.

A: ooh iya untuk ITB ini ada penjelasannya yang aku liat dari https://rencanamu.id/post/dunia-sekolah/persiapan-kuliah/14-prodi-desain-komunikasi-visual-dkv-pada-sbmptn-2019-cek-daya-tampung-vs-peluang-masuk

18. Q: Hai kak, pengen tau nih knp kaka pilih dkv um dibanding di univ lain, kira2 yg ngebedain um sm univ lain apa ya kak?

A: haloo, aku milih UM karena pertama emang domisili di Malang, jadi bisa lebih hemat ongkos hidup hehehe. selain itu DKV di UM juga akreditasinya bagus (waktu 2016 akreditasi B, sekarang udah A) liatnya akreditasinya bisa di https://um.ac.id/penjaminan-mutu/akreditasi-prodi/akreditasi-prodi-fs/ jadi bukan "katanya" lagi kalau DKV UM itu bagus, karena akreditasi juga udah membuktikan hehe.

19. Q: kak ceritain dong suka dukanya jadi anak DKV itu gimana, terus gimana kesehariannya dengan tugas-tugasnya, apa tugas yang paling dominan. berapa gepok uang yangn kira-kira bakal dibutuhin sama calon anak DKV. curhatan kakak bisa jadi bekal buat pengunjung yang lagi ngepoin yang namanya kuliah khususnya jurusan DKV. thanks kak.

A: woaaaah ini banyak banget suka dukanyaaa haha sampe bingung mau nulis gimana. oke kita bikin singkat aja ya, suka nya ya karena emang passion dari dulu ngedesain, cuma dulu kan ya desain asal desain aja, pake warna sesuka hati, pake bentuk apapun, style apapun ya sesuka hati, deadline juga nentuin sendiri wkwkwk kalau di perkuliahan ya udah beda. dukanya itu kalau kita belum nemuin inspirasi, OH IYA SAMA MOOD JUGA, kalau ada tugas tapi ngga nemu mood itu bener-bener duka banget rasanya, apalagi kalo udah besok deadlinenya. wahahahah.

Suka-nya lagi, bener-bener bebas hapalan dong. hapalannya paling shortcut di software. tapi hafalan rumus, hafalan sejarah, itu bener-bener udah ilang...... sampe aneh ngeliat orang belajar hafalan untuk ujian karena ujian selalu ngumpulin tugas perancangan wkwk

keseharian dengan tugas, kalau untuk sekarang ini tugasku ya tinggal skripsi, tapi tugasnya bikin semua kebutuhan produksi animasi hohoho (udah kucurhatin di postingan sebelum ini). kalau tugas yang paling dominan ya merancang, merancang apapun itu, animasi, game, komik, yg isinya harus ada karakter, story board, asset background, masih banyak sih sebenernya. itu yang paling dominan, menurutku, dibandingkan dengan tugas-tugas matakuliah teori hehe. tapi beneran semua tugas DKV itu woah mantap.

berapa gepok uang ya... sejujurnya aku ngga ngitung dengan sangat detail berapa uang yg udah aku keluarkan. tapi coba aku bikin perkiraan yaa..

ok jadi dari UKT, di DKV UM itu anggap kalian masuk dgn jalur SBMPTN dan dapet di golongan VI, jadi harus bayar UKT per semester 5.400.000
(liat di https://um.ac.id/akademik/seleksi-mahasiswa/biaya-studi/) selamaaa anggaplah 8 semester.
5.4 jt x 8 semester = 43.200.000

terus kalian harus punya laptop dengan spec lumayan (karena dipake buat multimedia), anggaplah laptop beli second yg udah intel core i5 gen 7 dan ram 4gb, dengan harga 5.250.000
(source: bukalapak)


terus kan ada matkul fotografi dan videografi, kalau mau beli kamera dslr second jadi nambah 2.500.000
(source: bukalapak)


terus karena nggambar digital enak pake wacom, jadi beli second seharga 950.000
(source: tokopedia)


nah elektronik kayaknya udah, terus giliran tugas-tugas lain, kayak nirmana yang butuh banyak barang, terus juga drawing pen, alat-alat mewarnai, kertas gambar, terus tugas membuat patung, yang kira-kiraaa kalau ditotal mungkin akan menghabiskan.... sekitar 1,5 juta.


yaa berarti siapin sekitar 53.400.000 untuk 4 tahun kuliah, belum ditambah biaya beli kertas dan biaya print laporan laporan, juga urunan untuk kegiatan mata kuliah tertentu (pameran, PKMM, studytour, dll)


oh....atau mau yang lebih extra lagi? nggambar langsung di ipad pro lengkap dengan apple pencilnya, itu udah sultan banget :)

dan untuk gambar konvensional di kertas kalau mau lebih extra lagi bisa beli yg namanya lightbox. itu biasanya dipake buat bikin animasi flipbook atau frame by frame
Sketch Light Box at PaintingValley.com | Explore collection of ...
lightbox masakini


tapii balik lagi, perkiraan biaya itu tadi kalau kalian dapet golongan UKT segitu dan beli semua alat yg menunjang perkuliahan (walaupun second). karena sebenernya alat-alat tadi bisa dipinjam ke bagian lab dengan jaminan KTM. jadi bisa lebih hemat lagi dari itu. kecuali laptop kali ya, itu bener-bener butuh sih.

so jangan "YAAMPUN MAHAL BANGET KULIAHNYA CUMA NGGAMBAR DOANG, GAJADI AH"

no no no,

jangan patah semangat, jangan mundur kalau emang ini passion kalian, banyak temen-temenku masih kuliah tapi udah bisa ngasilin uang dari kerja dari bidang ini. ada yg jadi fotografer, illustrator, desainer grafis, animator, editor, 3D modeller. ya menurutku inilah untungnya kuliah di bidang desain, belum lulus tapi udah bisa freelance sendiri, kerja atas nama sendiri. karena ada beberapa jurusan kuliah yang gabisa dijadiin freelance, yang butuh ijazah dulu baru bisa kerja. tapi DKV udah bisa kerja bahkan sebelum wisuda.

(tapi pastiin tugas kuliahnya jangan sampe keteteran ok)




NAH itu dia pertanyaan di kolom komentar postinganku yang udah 3 taun umurnya, makasih buat kalian yang udah nyempetin untuk singgah di blog ku yg ala kadarnya ini, semoga impian kalian untuk masuk DKV segera terwujud, dan untuk yang sudah jadi mahasiswa DKV semoga diperkuat untuk mengerjakan tugas-tugasnya yang aku tau itu jumlahnya bukan banyak lagi tapi infinity.

udah dulu kalau gitu sampai ketemu di postingan selanjutnya

Comments

  1. Terimakasih kak sudah berbagi pengalaman kuliah di jurusan DKV... Saya jadi lebih termotivasi untuk masuk ke DKV, postingannya sangat membantu saya.. Semangat kak untuk ngenyelesaikan skripsinya.. Ganbatte~

    ReplyDelete
  2. Wah bener-bener bantu banget nih blognya kak, bantu aku buat nambah mantepin target aku kak, makasih banyak lo ya. Semangat kak buat skripsinya.
    Oh iya, btw aku dri malang juga kak, pengen juga masuk dkv um seperti halnya kakak. Klo boleh nih, aku pengen tanya tanya aja ke kakak klo emang gk keberatan, wkwkwk

    ReplyDelete
  3. Gimana? Km keterima disana gk sekarang?

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Mau kuliah DKV? Ini pengalamanku bagaimana masuk PTN jurusan DKV.

Very first post