Mau kuliah DKV? Ini pengalamanku bagaimana masuk PTN jurusan DKV.

Assalamu’alaikum

Halo dears

Di postingan ini aku akan bahas tentang awal masuk perkuliahan aku di tahun 2016. So, happy reading!

Jadi, sebenernya aku udah mulai suka desain dari aku SMP, dan aku suka waktu itu bikin logo, entah kenapa, membuat sebuah lambang itu seru, karena masing-masing gambar punya makna tersendiri, dan juga waktu logo itu dipakai sebagai “identitas”, itu ada kebanggan tersendiri. Dan waktu SMK, keahlian desain mendesain ini jadi sering kepake, padahal jurusan aku pariwisata. Jadilah aku memutuskan, setelah lulus SMK nanti, aku mau masuk kuliah yang jurusan desain. Entah itu desain interior atau desain grafis.

Dan jadilah aku nyari-nyari jurusan desain di perkuliahan, lewat internet. Aku nyari yang di Malang aja, biar nantinya ngga ada biaya tambahan untuk kos dan untuk ongkos transportasi lagi. Seperti yang kalian tau, kampus di Malang yang paling terkenal itu pasti, nggak lain dan nggak bukan, adalah Universitas Brawijaya. Dan jurusan desain yang ada di situ yang aku minatin itu, Desain Komunikasi Visual sama Desain Interior. Tapi sayangnya, itu program studi vokasi (diploma). Sementara aku nyari yang langsung S1. Yaa walaupun sebenernya kalau diploma itu lebih ke praktek nya, dan bisa dilanjut juga nantinya ke sarjana. Tapi aku tetep pengen yang langsung sarjana. Dan setelah searching lagi, aku menemukan yang tepat. Yap, Universitas Negeri Malang (UM). Ada program keahlian S1 Desain Komunikasi Visual di jurusan Seni dan Desain.

Waktu itu aku bener-bener awam sama nama Desain Komunikasi Visual, atau biasa disingkat Deskomvis, atau DKV. Tapi setelah searching sana sini, akhirnya aku ngerti kalau DKV ini bisa dibilang mirip sama desain grafis, walaupun ada bedanya. Kalau DKV ini cakupan karyanya lebih luas, tapi intinya bisa dilihat (visual) dan bisa menyampaikan maksud (komunikasi), jadi bisa lewat poster, komik, animasi, film dll. Sementara desain grafis, itu untuk di media yang bisa dicetak/diprint, kayak poster, pamflet, komik dll. Kira-kira begitu.

Yap, dari situ aku mulai banyak berdoa dan berharap semoga lulus SMK aku bisa kuliah di Universitas Negeri Malang, Fakultas Sastra, Jurusan Seni dan Desain, Program Keahlian Desain Komunikasi Visual.

Nah, jadi ceritanya SNMPTN 2016 udah buka nih, kalau aku sih SNMPTN itu diurusin sama pihak sekolah, dan khusus untuk jurusan Seni & Olahraga, harus ngupload portofolio juga.  Seni dibagi jadi Seni Rupa, Seni Tari, Seni Musik, dan Seni Drama. Kalau Seni Rupa, portofolionya itu disuruh bikin 2 gambar. Waktu tahun 2016, ketentuannya disuruh bikin 2 gambar, yang gambar 1 itu full color, temanya ada dua tapi disuruh pilih 1 aja, suasana ulangtahun atau suasana di dapur. dan gambar yang 1 lagi black&white, temanya suasana kecelakaan atau suasana demo . jadi gambar yang dikirim ada 2. Dan inilah kedua gambar aku untuk portofolio SNMPTN hahaha



Curhat sebentar, ini aku ngerjain gambar, barengan sama Ujian sekolah juga. Dan rasanya, 24 jam itu masih kurang buat aku.

Setelah di upload semua, akhirnya aku nunggu pengumuman SNMPTN, tanpa berusaha belajar buat SBMPTN. Saat itu aku bener-bener ngerasa yakin pasti masuk SNMPTN. Tapi ternyata enggak. Aku nggak lolos. Sedih pasti ada, tapi aku nggak diem ditempat aja. Aku langsung nyari kelas privat khusus buat belajar SBMPTN di internet, karena aku sama sekali, bener-bener nggak tau, apa itu SBM.

Alhamdulillah waktu itu ketemu website yang nawarin kelas privat, atau boleh juga belajar ditempat sananya (ngga dateng kerumah) dan malem itu juga langsung dateng kesana, daftar, bayar. H-2 minggu, belajar pol-polan setiap hari dari pagi sampai sore. Rasanya otak itu udah kayak penuh banget. Dan karena aku dari SMK, jadi ada materi yang nggak begitu aku pahami, kayak geografi, sosiologi, ekonomi ... ya begitu lah. Oh iya aku belum bilang, SBM untuk DKV di UM itu masuk ke TKD Soshum. Alhamdulillah sih, kalau Saintek mungkin aku bisa tambah mabok pelajaran... oh iya ini link bimbelnya http://bimbelgoldgeneration.blogspot.co.id/ . dan ini worth banget, seriusan, pengajarnya sabar banget ngajarin sampe aku paham, terus tiap 2 minggu itu ada try out/simulasi SBM.

Ok, akhirnya SBM tiba, aku udah nyiapin semuanya, dan aku waktu itu ujiannya di UM juga. Alhamdulillah sih selama ujian aku ngerasa bisa ngerjainnya, ya walaupun ada beberapa yang bener-bener susah dan belum pernah dibahas di bimbel. Tapi ya udah, tawakal aja.
Nah, Terus khusus buat yang milih jurusan Seni & Olahraga, itu ada yang namanya Ujian Keterampilan. Ujian keterampilan itu jadwalnya 1 hari setelah SBM, dan ada 2 hari, jadi kita bisa milih mau hari 1 atau hari 2. Aku waktu itu mililh hari 1.

Buat yang seni rupa, (DKV masuk seni rupa), jadi ujiannya itu disuruh nggambar, temanya dikasih 2 pilihan, yang pertama itu suasana kebakaran di pasar besar malang (waktu itu pasar besar malang baru aja dapat musibah kebakaran) dan satu lagi itu ilutrasi nenek yang sengketa tanah.  Dan aku milih yang pasar besar kebakaran. Gambarnya di kertas A3 udah disiapin panitia, buat alasnya sebenernya kita disuruh bawa masing-masing, dan aku udah nyiapin, tapi ternyata disediain juga dari panitianya. Kayak karton gitu. Terus gambarnya ngga perlu diwarnain, aku juga Cuma pake pensil aja. Waktunya kalau ngga salah 1 jam, kalau ngga salah ya, aku agak lupa. Tapi waktunya kebanyakan kepake buat mikirin mau ngegambar kayak gimana. 

Dan setelah selesai gambar itu, masih ada tes lagi, namanya Tes Pengetahuan Seni dan Wawasan Seni (dalam bentuk wawancara atau tes potensi kreatif). Nah waktu itu di UM itu bukan wawancara, tapi tes potensi kreatif. Tes potensi kreatifnya waktunya singkat banget, dan dalam waktu singkat itu kita disuruh menguras imajinasi kita, gimana caranya biar gambar yang Cuma simple aja, kayak garis, titik, lengkung, jadi sebuah gambar. Lebih bagus lagi kalau gambarnya itu barang yang fungsional. Tapi apa daya aku, isi kertas yang berlembar-lembar itu masih tetap aja nggak jelas wkwk.

Akhirnya, hari pengumuman SBM. Bener-bener deg-degan. Kalau aku ngga lolos gimana... dan ternyata

seperti yang udah aku tulis di judul ya, hehe

Alhamdulillah lolos.

Aku nangis waktu liat pengumumannya, nangis bahagia, terharu, seneng, sama mama juga.
Dan setelah itu, langsung ngelanjutin alur pendaftaran PTN nya.

OK DEH

Sampai sini dulu yaaa, nanti akan ada postingan yang lain lagi tentang kehidupan di kampus hehe.

Sekian dears, and see u in the next post!



Kenang-kenangan:

Comments

  1. kalo ada indikasi buta warna bisa masuk ngga? :( soalnya denger2 klo buta warna ga bisa ketrima dijurusan ini..

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah, pernah denger juga sih, mungkin nantinya akan sedikit terbebani juga ke mahasiswanya terutama di mata kuliah nirmana yang butuh permainan warna, cuma untuk keterima atau ngga keterima-nya aku masih belum bisa pastiin, karena tiap kampus beda-beda penilaian dan bisa didukung juga dari prestasi lain hehe, semangat terus pokoknya!

      Delete
  2. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  3. DKV umumnya itu kelompok SOSHUM (IPS) atau SAINTEK (IPA) kak??
    sama minta tips buat masuk jurusan DKV di UM / UNESA kak..

    ReplyDelete
    Replies
    1. dkv biasanya masuk soshum kak

      Delete
    2. Tapi kalo saintek bisa masuk?

      Delete
    3. DKV itu bisa soshum atau saintek, tergantung dari universitasnya. Kalau di institut teknik biasanya tergolong saintek contohnya di ITS, tapi kalo di ITB bisa untuk soshum kok. DKV soshum contohnya di UNESA, UNM, ITB. Kalo DKV saintek contohnya di ITS, UPN, dll. Kalo kamu merasa anak IPS yang diharuskan ambil tes saintek, yah linjur aja dan banyak-banyak belajar plus doa ^_^

      Delete
    4. Kak, kalo saintek bisa masuk ITB ga ya?

      Delete
    5. Lha aku ngambil nya ntar yang mana ya?? Aku smk jurusan Multimedia kaga ada pelajaran 2 itu hadeh, tapi aku pingin banget masuk DKV nya hehe

      Delete
    6. itb itu saintek woy ,selain institut dkv nya soshum

      Delete
  4. Tips atau cara latihan sebelum menghadapi ujian keterampilan?
    Harus mirip asli gt gambar orangnya? Atau diarsir gambarnya?

    ReplyDelete
  5. Wah selamat ya, aku jadi deg" an juga :")

    ReplyDelete
    Replies
    1. semoga imajinasi bersahabat, soalnya tahun kemarin cuma bisa gambar kek anak TK :"

      Delete
  6. kalo tes ketrampilan tahun lalu ada soal cerita terus kita disuruh menggambarkan suasananya. sumpah bingung mau mulai dari mana, dan akhirnya... sad ending :'v
    oiya... do'ain saya tahun ini sukses tes ketrampilan 😂

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu dimana tesnya? Wah kok gitu ya tes nya?😂

      Delete
  7. Kalau diantara ketiga pilihan buat sbm itu pilih dkv semua, apakah tes gambarnya bakal beda" atau satu saja?

    ReplyDelete
  8. dari kedua tes tsb mana yg lebih berbobot kak, mau ambil dkv hmm sprtinya sya susah diujian tulisnya huhu

    ReplyDelete
  9. Kak, aku kan gak lolos ni sbmptn nya. Aku pengen ujian mandiri dkv aja, dan serius kak aku gak bisa gambar sejago orang-orang seni. Aku cuman suka liat aja, tapi gak bisa gambar nya. Jadi gimana ya kak? Bisa gak kira-kira kak? Aku sih tertarik bngt sama dkv tu, aku pengen bngt.tp kalau aku gk bisa gambar ini gimana ya kak

    ReplyDelete
  10. Kak, aku kan gak lolos ni sbmptn nya. Aku pengen ujian mandiri dkv aja, dan serius kak aku gak bisa gambar sejago orang-orang seni. Aku cuman suka liat aja, tapi gak bisa gambar nya. Jadi gimana ya kak? Bisa gak kira-kira kak? Aku sih tertarik bngt sama dkv tu, aku pengen bngt.tp kalau aku gk bisa gambar ini gimana ya kak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaf sebelum saya menjawab, saya tahun ini baru mau mengikuti ujian nasional jadi akan sedikit diremehkan karena tidak berpengalaman langsung. Tapi kata guru saya, kuliah itu mengulangi dari awal. Jadi semisal di SMA atau SMK sudah diajari sampai tingkat medium, di perkuliahan diulangi lagi dari 0.

      Kita ambil contoh sastra Prancis, di SMA jurusan bahasa kan sudah diajarkan. Tetapi nanti ketika masuk perkuliahan, akan diulangi lagi dari basic yang paling dasar seperti perkenalan dan sebagainya. Setidaknya itu yang saya percayai dari ucapan guru saya.

      Delete
  11. Tes tulisnya itu bener harus mapel itu?, kalau untuk masuk dkv pertimbangannya lebih banyak ke tes tulis atau tes ketrampilan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Biasanya menyesuaikan dalam artian seimbang antara keterampilan dan akademik tetapi rata2 yang di titik beratkan di keterampilannnya...

      Delete
  12. Ya ampun ikut deg degan bacanya :'-)
    Dari aku kecil aku suka banget sama yang ginian dan post an ini membantu banget kak sumpah 😭😭😭

    ReplyDelete
  13. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  14. 2 kali ikut test ke um dan gak keterima gara2 gabisa gambar... Sedih banget. Belajar gambar susah2 terus pas udah test imajinasi susah keluarnya hhmmm

    ReplyDelete
  15. Ka dapet info tema gambar buat portofolio SNMPTN atau SBMPTN itu dari mana ka?

    ReplyDelete
    Replies
    1. https://arlovoi.blogspot.com/2019/07/ingin-kuliah-dkv-desain-grafis-seni.html
      aku kupas tuntas di blog ku, yuk mampir

      Delete
  16. gimana sih caranya mempersiapkan buat masuk di fakultas ini?

    ReplyDelete
  17. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  18. Terimakasih kak.. membantu banget

    ReplyDelete
  19. Makasih kak, postingannya bermanfaat. Mau tanya kak, aku ambil prodi saintek di utbk karena awalnya aku gak tau kalo dkv itu soshum :(.. Bisa gak ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. ada sebagian dkv yang soshum kok. aku soshum tapi pilih dkv

      Delete
  20. kalok saintek bisa daftar DKV nggak ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisaa. di daerahku sebagian besar dkv harus saintek, cuma satu aja yang soshum. kalo di institut teknologi biasanya sih mengharuskan saintek.

      Delete
  21. Kak bikin portofolio gimana sih? Aku rencananya mau ambil jurusan dkv di unm,tapi katanya harus unggah portofolio huhu gak ngerti :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. sudah kamu cek di website ltmpt untuk download panduannya belom??
      selengkapnya bakal aku kasih penjelasan! so hit me up : aulialilok@gmail.com

      Delete
  22. Apa ada tes mapel matematika kak

    ReplyDelete
  23. wah gambarnya gambar" aga realistis ya, kalo pas tes tapi stylenya stlye" kek manga jepang gitu blh ga ya kwkw..

    ReplyDelete
  24. Kak, tes menggambar ny... apa harus realistis gitu kak? Aku tidak terlalu bisa menggambar... tapi aku suka.aku takut saat tes imajinasi ku tidak sesuai dgn tema nya kak... terus kak.. kira2 dlm tes menggambar apa saja yg kiranya harus bagus? Misalnya seperti gambar orang gitu.... atau ada yg lain?

    ReplyDelete
  25. Bismillah, kak bantu doain ya, aku daftar SN pilih di ITB, cuma pas di web SNMPTN adanya cuma Fakultas seni dan desain, jadi ya itu aku pilih, karena gada tulisan DKVnya.

    ReplyDelete
  26. Hai kak, pengen tau nih knp kaka pilih dkv um dibanding di univ lain, kira2 yg ngebedain um sm univ lain apa ya kak?

    ReplyDelete
  27. Mbaa aku pengen tanyatanyaaa

    ReplyDelete
  28. kak mau tanya portofolio setiap univ itu berbeda kah? misal jurusan dkv di univ a sama univ b itu persyaratan pengumpulan portofolionya juga sama?

    ReplyDelete
  29. Kak... Mau tanya nih, saya daftar jurusan DKV melalui SBMPTN. Nah, saya harus buat pernyataan peserta... Pernyataan bagaimana maksudnya kak...? Mohon sedikit bimbingannya😊

    ReplyDelete
  30. Kak... Aku jurusan akuntansi, udah daftar dkv di malang, tapi ada desas-desus anak smk ga diterima. Mohon bantuin jelasin kak T^T

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gimana kak sekarang bisa diterima enggak ? Soalnya aku dari akuntansi juga dan mau masuk DKV 😭

      Delete
    2. kakel aku ada yang keterima dkv

      Delete
  31. Dkv ada yg saintek juga gak? Kira2 di PTN mana sekitar Jawa timur

    ReplyDelete
  32. Kalau boleh tau kakak dulu alumni smk apa ya? Desain juga? Terus nilai kakak juga, biar bisa jadi referensi kak:)

    ReplyDelete
  33. klo dari MA bisa ketrima dkv g ya ka kira kira? udh stuck bets ni sma jurusan yg atu nih...tp denger" klo dari MA swasta ga ketrima︶︿︶

    ReplyDelete
  34. kebetulan banget aku juga mau masu dkv um, kemarin daftar snm ga lolos, bismilah bisa lolos sbm, ada tips ga kak buat belajar sbm. karna au ga terlalu dapet materi di smk

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Very first post